Cara Menghemat Kuota Internet Di Google Chrome Hingga 50%

Mahalnya harga paketan internet di Indonesia, membuat banyak pengguna internet untuk segera mencari solusi untuk meminimalisir supaya data kuota yang mereka gunakan untuk internetan tidak cepat habis. Pemikiran tersebut, tentu saja sudah menjadi keluhan secara umum terutama bagi pengguna browser google chrome. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kebetulan kalau kita hitung-hitung daripada uang yang kita punya banyak yang habis untuk beli paket internet, mungkin tingkat penggunaannya bisa kita batasi saat internetan atau bisa juga mengoptimalkan supaya browser google chrome dapat bekerja lebih hemat daripada sebelumnya.

Dari sedikit hasil uji coba yang saya lakukan saat hendak menghemat kuota internet di google chrome, saya telah berhasil melakukan penghematan hingga 50% dengan tepat. Seperti apa cara yang harus dilakukan? mungkin langkah-langkah berikut ini adalah pemecahannya.

1. Gunakan Ekstensi Data Saver

cara menghemat browser google chrome dengan data saver
Mungkin Data Saver adalah suatu pilihan yang tepat terutama bagi yang ingin menghemat data kuota internet di google chrome. Hasilnya, selama penggunaan +7 hari yang saya coba pada browser google chrome mampu hemat kuota data 6.1% seperti pada contoh gambar penggunaan diatas.

Sekilas dari Data Saver mungkin juga perlu sedikit saya jelaskan mengenai ekstensi penghemat kuota di google chrome ini yaitu fungsinya adalah semua lalu lintas dalam proses download data di internet, terlebih dahulu harus melewati server google. Kemudian server google akan mengkompresi data tersebut sehingga hasilnya bisa berkurang sedikit ketika diterima pengakesnya.

Selama menggunakan data saver, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelemahan dari ekstensi ini yakni data saver tidak mampu menghemat kuota internet khususnya pada jaringan terinkripsi HTTPS dan tipe browsing Incognito (Anonim). Pasang ekstensi Data Saver di google chrome.

2. Blokir Iklan Di Google Chrome

Iklan yang tampil pada web atau blog adalah suatu acuan yang memungkinkan pemiliknya bisa menghasilkan uang dari internet. Secara riil bahwa hampir semua iklan tidak sebagus yang kita bayangkan terutama bagi pengguna situs terlebih pada iklan Popup Ads yang mengganggu.

Biasanya iklan yang tampil juga akan banyak memakan data kuota internet maka dari alasan itulah yang menyebabkan seseorang untuk tidak menampilkan iklan terutama di browser google chrome dengan cara memblokir iklan tersebut dengan ekstensi yang sudah tersedia di google chrome.

Beberapa ekstensi yang ampuh untuk blokir semua iklan di google chrome adalah seperti: Adblock, dan Adblock Plus. Pilihlah salah satu dari ekstensi pemblokir iklan google chrome tersebut. Setelah pemasangan, dijamin penggunaan kuota internet akan lebih hemat lagi hingga 25%.

3. Kurangi Download dan Nonton Video

Terakhir, dengan mengurangi download dan nonton video yang berlebihan di google chrome perlu dipertimbangkan bila Anda memikirkan bahwa aktifitas tersebut mampu mempercepat sisa kuota internet yang dimiliki akan cepat habis.

Mengatasi hal tersebut, bila komputer atau laptop yang digunakan sangat boros kuota baru sekali beli besoknya sudah habis maka dengan sangat terpaksa Anda mungkin juga perlu memblokir alamat situs yang berdampak mampu menghabiskan kuota internet dengan cepat.

Langkah mudah yang bisa Anda lakukan bila ingin menghemat kuota internet adalah dengan memblokir beberapa alamat situs web di google chrome yang hanya bisa dilakukan setelah Anda sudah memasang ekstensi Block Site yang sudah teruji ampuh dalam hal memblokir alamat website tertentu.

Itulah beberapa saran sederhana yang berguna untuk menghemat kuota internet sekaligus juga sangat ampuh untuk mempercepat kinerja browser google chrome sewaktu digunakan browsing. semoga artikel ini bermanfaat!