Cara Screenshot Layar Windows Tanpa Software

Pada perjumpaan kita kali ini, saya akan membahas tutorial bagaimana cara mengambil screenshot layar Windows tanpa perlu download software apapun. Ini sebenarnya memang terlihat sangat mudah sekali untuk kita lakukan karena proses pengambilan gambar screenshot sendiri hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Bagi pengguna komputer atau laptop yang belum tahu mengenai hal ini, berikut ini akan saya jelaskan lengkap dengan gambar tutorial agar lebih enak dan mudah saat mempelajari hingga praktik. Seperti apakah langkah-langkah yang perlu dilakukan? silahkan segera simak panduan selengkapnya tepatnya dibawah ini.

Buka Tampilan Windows yang akan di Screenshot

Perlu diperhatikan dulu sebelumnya anda harus menentukan tampilan layar windows apa yang hendak anda screenshot kemudian disimpan menjadi format gambar jpeg atau png di PC.

Sebagai contoh media yang akan saya coba screenshot ini, saya telah menggunakan Windows 7 ultimate tepatnya pada browser Google Chrome. Sehingga saya perlu membuka browser tersebut setelah itu barulah kita nanti saya dapat screenshot.

Cara Screenshot, Tekan Tombol Print Screen di Keyboard

cara print screen di layar windows
Selain dituliskan Print Screen, macam-macam merek keyboard sepertinya berbeda akan tetapi memiliki fungsi yang sama apabila anda tekan yakni untuk screenshot layar di Windows.

Beberapa sebutan lain yang paling umum saya temui adalah mulai dari Prt SyrQ, Screen Capture, Print Capture, serta lainnya yang sesuai dengan merek keyboard anda baik Komputer maupun Laptop.

Yang jelas, diperlukan tindakan menekan tombol tersebut sewaktu anda menginginkan screenshot. Selanjutnya, tidak hanya itu saja karena masih ada kombinasi lainnya yakni dengan tombol ALT + Print Screen untuk screenshot dalam tampilan aplikasi Windows tertentu.

Buka Editor Gambar Misal Aplikasi Paint Atau Bisa Lainnya

Sebelum bisa menyimpan gambar dari hasil screenshot layar yang ada di PC, dibutuhkan untuk mengedit gambar tersebut. Dengan aplikasi Paint, anda tidak perlu mendownload software apapun karena aplikasi Paint sepertinya sudah terinstall pada program bawaan OS Windows.

Setelah Paint sudah terbuka, silahkan tekan bersamaan tombol CTRL + V untuk memasukkan kedalam editor Paint. kalau tampilan gambar sudah masuk ke editor tersebut, bisa anda edit sesuai keinginan yang terpenting adalah tidak berantakan.

Simpan Hasil Screenshot Menjadi Format Gambar JPEG atau PNG

Langkah untuk penyimpanan juga mudah. Perlu klik bersamaan tombol CTRL + S kemudian berikan nama gambar foto yang hendak anda simpan tersebut tepatnya pada kolom File name. Setelah itu, jangan lupa untuk memilih format yang tepat agar nanti mudah digunakan.

Supaya gambar bisa kita Upload ke sosial media atau blog, sebaiknya pilihlah format JPEG atau PNG pada Save as type. Pengalaman saya, format gambar yang baik dan memiliki ukuran lebih kecil adalah pilih saja yang JPEG.

Kalau sudah memberikan nama gambar beserta formatnya, terakhir dapat klik Save. Secara default, biasanya gambar foto tersebut akan tersimpan pada Libraries => Pictures jadi buka saja apabila membutuhkan gambar tersebut karena akan segera dipergunakan.