Cara Memblokir Iklan Browser Chrome PC dan Android

Mungkin ada suatu alasan yang mengakibatkan mengapa Anda telah memutuskan untuk selalu memblokir iklan yang tampil tepatnya pada browser Google Chrome yang digunakan. Hal ini tentu saja akan menambah kenyamanan Anda terutama pada iklan Popup yang sering mengganggu.

Sebenarnya tidak iklan Popup saja yang akan kita blokir. Melainkan semua jenis iklan yang tampil di browser Google Chrome, juga akan di blokir hasilnya nanti sewaktu kita gunakan untuk browsing aksesnya lebih cepat, tidak banyak menghabiskan kuota, dan sebagainya.

Supaya kita bisa memblokir iklan di Google Chrome, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah meskipun tanpa mengerti coding sekalipun. Nantinya hasil blokiran ini, bisa bekerja pada browser Chrome PC dan sebagian kecil untuk Hp tepatnya OS Android versi apapun.

Untuk Browser Google Chrome Windows

Windows merupakan OS PC Dekstop populer yang dulunya terinstall di Komputer kemudian disusul pada Laptop. Agar kita bisa browsing disana, alangkah baiknya gunakan saja browser Google Chrome dan sebagai langkah menghilangkan atau blokir iklan di browser tersebut adalah sebagai berikut.

1 Install Ekstensi Adblock

Ada 2 ekstensi pemblokir iklan terbaik untuk Google Chrome yang sudah digunakan oleh banyak orang. Kalaupun Anda belum tahu apa nama dari ekstensi tersebut, disini akan saya beritahukan bahwa namanya adalah Adblock dan Adblock Plus.
cara blokir iklan chrome pc android
Harap pilih salah satu saja. Apabila belum menginstall ekstensi blokir iklan tersebut, terlebih dahulu Anda harus memasangnya pada Google Chrome yang tersedia di ~> Chrome Web Store

2 Nonaktifkan Javascript

Langkah ini boleh dicoba bagi yang mau menghilangkan iklan di Google Chrome dengan cara menonaktifkan Javascript pada pengaturan browser Chrome PC.

Untuk menonaktifkan Javascript di Chrome, silahkan langsung saja buka alamat settingan berikut ~> chrome://settings/content/javascript

Salin url tersebut lalu pastekan tepat pada Address Bar browser Google Chrome dan tekan Enter untuk membuka pengaturannya.

Ubah settingan Allowed (recommended) menjadi Blocked yang berarti bahwa semua fungsi yang membutuhkan Javascript, aksesnya akan dinonaktifkan sementara dan bisa diaktifkan kembali.

Untuk Aplikasi Google Chrome Android

Sebelumnya sempat saya coba bahwa kita juga bisa memblokir iklan pada browser Google Chrome yang terinstall pada hp Android. Cuma saja ada yang berbeda bahwa aplikasi Chrome untuk Android tidak tersedia pengaya atau ekstensi yang berfungsi menambah fitur sesuai permintaan pengguna.

Jadi tidak adanya fitur ekstensi di aplikasi Chrome Android, tidak menjadi sebuah halangan bahwa kita akan memblokir iklan karena hal ini tentu saja bisa kita akali dengan menonaktifkan Javascript yang juga berfungsi untuk menghilangkan iklan.

Langkah-langkah menonaktifkan Javascript di Chrome Android:

1. Silahkan buka icon Menu (seperti titik tiga) lalu tab Settings.
2. Letak pengaturan Javascript, berada pada menu Content setting jadi silahkan tab menu tersebut untuk membukanya.

3. Hilangkan centang tepatnya pada Enable Javascript dengan cara tab sampai centangnya hilang seperti ini.
 4. Tutup dan coba hasilnya dengan Refresh jika Anda sedang membuka alamat situs.

Karena struktur dari iklan yang tampil, rata-rata berasal dari sumber Javascript yang dipasang pada struktur web atau blog. Jadi bila Javascript tersebut kita nonaktifkan, maka semua iklan yang tampil pun akan hilang tepatnya pada browser Google Chrome di hp Android ketika digunakan browsing.