Cara Menginstall File APK + Data & OBB di NOX

Setelah sudah selesai download aplikasi atau games Android berfomat *.APK dan kebetulan pas telah menginstall emulator NOX pada komputer atau laptop, pasti Anda ingin menginstall apps Android tersebut disana setelah itu bisa langsung memakainya.

Ingat ada yang baru saya ketahui bahwa ternyata tidak hanya file APK saja yang harus di install. Tetapi, masih ada beberapa file yang memang penting seperti Data dan OBB. File itulah yang nantinya harus diletakkan dengan benar pada memori hp Android.

Tambahkan Data dan OBB biasanya terdapat pada apps Android seperti Games offline hingga online. Jika sampai Data atau OBB tidak ada, maka Anda harus mendownload setdaknya salah satu file tersebut bahkan bisa jadi keduanya bila hanya file APK nya saja.

Apabila misalkan Anda sudah mendownload secara lengkap berupa file APK, Data, dan OBB akan tetapi belum tahu bagaimana cara menginstall file tersebut, selebihnya telah tersedia disini! Lho. Pelajari saja mana yang belum mengerti.

Cara Menginstall File APK di NOX

Kalau ini sih, menurut saya gampang banget. Anda perlu membuka emulator NOX Player dulu setelah itu, langkah menginstall file APK di NOX adalah silahkan gunakan tools APK yang saya tandai angka (1) pada gambar berikut.
Klik OK nanti akan muncul popup Windows Explorer dan carilah dimana file APK yang sudah di Download diletakkan. Secara default, biasanya akan tersimpan pada folder Download atau biasa lainnya jika Anda mengganti settingan lokasi Download.

Jika sudah ditemukan, klik file APK yang akan di install ke NOX. Sebagai langkah konfirmasi installasi, Anda cukup klik Open lalu tunggulah proses penginstallan sampai selesai.

Saat installasi telah selesai, Aplikasi atau Games yang sudah di install akan terbuka sendiri. Perhatikan jangan lakukan hal apapun jadi tutup saja apps tersebut.

Cara Memindahkan File PC ke NOX

Karena file yang akan Anda pindahkan berupa file Data dan OBB masih dalam harddisk PC, harap letakkan kedua file tersebut tepat pada folder Nox_share agar bisa di transfer ke NOX.

Langkah untuk menuju folder tersebut adalah buka System Reserved (C:) => Users => Administrator => Nox_share => dan terakhir pilih Other.
Kalau file Data dan OBB masih terkompresi, Anda membutuhkan software Winrar untuk membuka file tersebut. Silahkan ekstrak kedua file tersebut sampai terbuka isi file didalamnya.

Transfer File Data dan OBB ke NOX

Ada sedikit kekurangan tepatnya pada File Manager emulator NOX yaitu tidak tersedia fitur Copy dan Paste jadi ketika hendak Anda gunakan misalkan memindahkan file dari PC ke NOX tidak bisa di proses.

*) Supaya bisa mendapatkan fitur Copy dan Paste, diwajibkan Anda sudah menginstall ES File Exproler. Download dulu kalau belum menginstall File Manager tersebut.

Download ES File Explorer 15MB ~> [Google Drive]

Setelah itu, cek dulu apakah Nox sudah di root apa belum dengan masuk ke Setting (icon gerigi) => General Setting => pada Root Startup centang Root.
Simpan perubahan dengan klik Save setting kemudian konfirmasikan dengan klik Restart now sekarang NOX akan Restart dan terbuka lagi dengan akses Root.

Buka Aplikasi Es File Explorer

1. Pastikan Root Explorer dalam keadaan aktif seperti contoh gambar berikut.
Biasanya membutuhkan konfirmasi. Jadi sewaktu tampil popup “Superuser Request” klik Allow untuk mengizinkan.

2. Setelah sudah mengaktifkan, geser keatas untuk buka folder Local lalu Device.
3. Sebagai langkah mengambil file Data dan OBB yang masih di PC, caranya adalah masuk ke dalam folder mnt.
4. Kemudian dilanjutkan dengan buka folder Shared.
5. Terakhir, buka folder Other.
Disanalah tadi file Data dan OBB saya letakkan di harddisk PC karena mau saya pindahkan ke NOX.

A Meletakkan File Data

1. Karena file Data yang akan saya pindahkan ke memori internal NOX masih didalam folder, jadi saya perlu membuka folder tersebut.
2. Selanjutnya buka folder Data lalu Copy file tersebut dengan cara klik kiri lalu tahan hingga tampil menu Copy.

3. Sekarang, Anda perlu masuk ke beberapa folder berikut: Sdcard => Android => Data.
4. Silahkan klik Paste. Bila file Data sudah ada, silahkan replace dengan klik untuk mencentang Apply to all kemudian Overwrite.

Setelah sudah selesai, dilanjutkan untuk file OBB dengan langkah-langkah yang telah saya jelaskan dibawah ini.

B Meletakkan File OBB

1. Kembali lagi ke mnt untuk mengambil file OBB dari PC. Silahkan buka folder berikut dengan urutan mnt => Shared => Other.
2. Buka folder OBB lalu klik kiri dan tahan file OBB hingga muncul beberapa menu pilih Copy untuk menyalin file tersebut.

3. Masuk ke dalam folder Sdcard => Android.

Jika folder OBB tidak ada, silahkan buat folder tersebut dengan klik angka 1 (+) lalu beri nama foldernya dengan “obb” selanjutnya klik OK.
4. Pastekan file OBB tepat di dalam folder obb dengan klik Paste.

Setelah sudah selesai, Anda bisa menutup aplikasi Es File Explorer kemudian dilanjutkan untuk mencoba menggunakan aplikasi yang sudah di install dengan beberapa langkah diatas.

Buka Aplikasi Android Yang Selesai di Install

Agar bisa mengetahui bahwa installasi yang sudah Anda lakukan saat menginstall file APK beserta file Data dan OBB sudah benar atau belum, mungkin Anda bisa coba membuka aplikasi tersebut.

Jika tidak meminta download dan sudah digunakan atau dimainkan, berarti Anda sudah benar dalam melakukan hal ini. Contohnya seperti yang saya lakukan dalam screenshot gambar dibawah!
Itulah tadi beberapa cara menginstall file APK yang cukup lumayan ribet karena masih memindahkan file Data dan OBB pada tempat yang benar. Jika sampai salah, kemungkinan Anda mesti download lagi file Data atau OBB.