Cara Mengunci USB Flashdisk dengan Password

Adanya data-data penting yang mungkin tersimpan di Flashdisk sementara Anda tidak menginginkan ada seorang pun yang mengetahui isi dari satupun file yang tersimpan pada Flashdisk tentunya akan membuat Anda berfikir untuk mengamankan Flashdisk tersebut dengan ekstra hati-hati.

Selain untuk Privasi, memberi password pada USB Flashdisk juga bisa untuk mencegah supaya Flashdisk tidak mudah terserang oleh Virus. Sehingga semua data-data dari file yang terdapat dalam Flashdisk tidak mudah rusak dan selalu terjaga tingkat keamanannya.

Saat kita hendak mengunci USB Flashdisk dengan password, sepertinya ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Diantaranya yang bisa kita coba adalah bisa dari Bitlocker Drive Encryption, Software pengunci USB, dan membuat pengunci password sendiri dengan script khusus.

Memberi Password Flashdisk dengan Bitlocker

Tidak semua versi Windows tersedia aplikasi Bitlocker Drive Encryption program yang fungsinya apabila kita gunakan, Bitlocker bisa mengamankan Harddisk, USB, serta Eksternal memori lainnya yang terhubung dengan PC. Saat ini, Bitlocker hanya tersedia untuk tipe Windows Ultimate atau Enterprise.

Berikut langkah-langkah mengunci USB Flashdisk dengan Bitlocker:
memberi password usb flashdisk
  1. Buka Start => Control Panel => System and Security.
  2. Pilih aplikasi Bitlocker Drive Encryption.
  3. Klik Turn On Bitlocker pada Flashdisk yang terdeteksi.
  4. Silahkan centang “Use a password to unlock the drive” lalu klik Next.
  5. Lalu klik Save the recovery key to a file (Fungsi untuk reset password).
  6. Buatlah folder baru contoh: reset pass drive1 lalu klik Save file Recovery Key itu.
  7. Selanjutnya klik Next, dan Terakhir klik Start Encrypting.
Kelemahan yang mungkin Anda rasakan saat melalui proses Encrypting.. waktunya bisa berjam-jam tergantung seberapa besar memori Flashdisk. Jadi perlu dipertimbangkan lagi saat akan memberi password pada USB Flashdisk dengan Bitlocker.

Kalau proses Encrypting pada Bitlocker belum selesai, Anda bisa melanjutkan ke lain waktu. Caranya adalah silahkan Pause lalu Eject Flashdisk yang terdeteksi. Jika mau melanjutkan lagi, Anda cukup menancapkan ke port USB yang tersedia nanti Bitlocker akan memproses sampai selesai.

Memberi Password Flashdisk dengan Software

Sepertinya sangat banyak sekali Software gratis hingga berbayar yang berfungsi untuk mengunci USB Flashdisk dengan password. Saran terbaik, sebaiknya Anda memilih yang portable (Tanpa install) jadi tinggal memasangnya pada Flashdisk lalu Setting dan selesai.

Berikut langkah-langkah mengunci Flashdisk dengan Software:
  1. Tahap pertama, Anda membutuhkan software Flashdisk Lock 1.6 ~> Download
  2. Letakkan file Flash Disk Lock.exe ke dalam Flashdisk dan ingat tidak pada dalam folder.
  3. Buka file Flash Disk Lock.exe lalu buatlah password untuk mengunci Flashdisk.
  4.  Untuk mengunci dengan password, silahkan pilih Kunci nanti akan terkunci.
Kelemahan jika sampai lupa password, Anda harus rela kehilangan semua data-data yang terdapat pada Flashdisk. Sehingga usahakan saat menentukan password, kata sandi yang Anda buat mudah di ingat.

Tambahan, Memberi Password Pada Folder Flashdisk

Oke selain dengan kedua langkah diatas, sebenarnya masih ada satu langkah lagi yang bisa Anda coba tepatnya dengan menggunakan script berformat *.bat tetapi hanya bisa mengunci folder saja.
Penasaran bagaimana cara membuatnya? terlebih dulu Anda membutuhkan script berikut ~> FDLock

Silahkan copy semua script tersebut ke Notepad lalu simpan dengan nama file FDLock.bat lalu letakkan ke dalam Flashdisk.

Perlu di ingat jika mau ganti password, silahkan Edit pada Ganti_pass123 dan gantilah sesuai dengan keinginan Anda. Kalau lupa password, bisa Edit gile FDLock.bat untuk bisa mengetahuinya.

Langkah untuk mulai mengunci folder di Flashdisk, silahkan buka file dengan klik 2X FDLock.bat lalu muncul CMD dan masukkan password ke dalam kolom yang disediakan lalu Enter.

Taruh semua file-file hingga folder ke dalam folder terkunci Locker nanti kalau selesai, untuk mengunci folder tersebut adalah klik 2X file FDlock.bat lalu balas hanya dengan "Y" nanti folder tersebut akan hilang dan terkunci dengan sendirinya.