Cara Menonaktifkan Deep Freeze yang Lupa Password

Cukup banyak masalah yang dialami oleh seorang pengguna Software Deep Freeze yang mereka install pada computer ataupun laptop mereka. Kebanyakan penyebabnya adalah lupa password Deep Freeze yang fungsinya adalah mengunci settingan Deep Freeze agar tidak mudah di ubah oleh sembarangan orang.

Dengan kelebihan utama yang bisa mengamankan file System Windows agar tidak mudah di Ubah dengan tipe pengaman auto Restore pada partisi harddisk yang tersetting Frozen, ternyata Deep Freeze juga punya kekurangan salah satunya adalah tidak adanya fitur Reset password jika sampai lupa.

Jadi jika sampai Anda lupa password Deep Freeze, ada cara tersembunyi yang bisa Anda coba supaya Deep Freeze bisa di nonaktifkan. Akan tetapi, Deep Freeze masih terkunci dengan password dan settingannya tetap saja tidak bisa di ganti.

Karenanya bila Anda mau menambahkan atau menghapus aplikasi yang terinstall di Windows XP, 7, 8, dan 10 terlebih dulu Anda harus mematikan Deep Freeze sewaktu menginginkan perubahan. Kalau masalah tidak bisa menonaktifkan Deep Freeze karena lupa password, sebaiknya coba langkah dibawah ini.

Disable Deep Freeze dengan Mengundurkan Tanggal BIOS

Tidak ada jalan lain selain dengan mengundurkan pengaturan tanggal ke belakang tepatnya pada BIOS. Hal ini tentunya bertujuan agar Deep Freeze, bisa kita nonaktifkan secara paksa tanpa password.

Langkahnya adalah ketika PC sedang keadaan masuk di Dekstop Windows, Anda perlu me-Restart lalu silahkan tekan (F2 / Delete / F12) untuk masuk BIOS.

Tepat pada konfigurasi settingan System Date, silahkan tekan Tab hingga sampai ke tahun. Undurkan tahun dengan tekan (-) boleh 1 sampai 10 tahun ke belakang. Ingat, saat mengundurkan tahun tidak sembarangan pastikan sebelum Deep Freeze terinstall.
cara disable deep freeze yang lupa password
Kalau sudah, silahkan simpan dengan tekan F10 untuk Save and Exit lalu pilih OK. Nanti PC akan restart dan melalui proses booting lalu tunggu sebentar sampai sudah masuk di Windows.

Setelah sudah masuk di Windows, langsung kunjungi Taskbar Windows. Kalau Deep Freeze sudah Disable berarti Anda sudah bisa menonaktifkan Deep Freeze dengan proses ini.
Setelah status Deep Freeze sudah Disable, untuk bisa mengetahui password Deep Freeze Anda harus menginstall ulang Deep Freeze. Terlebih dulu, Installasi Deep Freeze yang lama harus di Uninstall.

Cara Mendapatkan Password Deep Freeze Yang Lupa

Sedangkan cara Uninstall Deep Freeze adalah silahkan buka File installer Deep Freeze. Jika sudah hilang, Anda bisa mencoba download Deep Freeze versi terbaru untuk menghapus Deep Freeze yang lama.

Sebagai contoh, saya akan Uninstall Deep Freeze dengan file Installer Deep Freeze standard 8. Langkahnya pun mudah silahkan buka File Deep Freeze seperti DFStd.exe dengan klik kanan lalu pilih “Run as administrator”.

Langsung klik Uninstall lalu tunggulah proses menghapus installasi Deep Freeze yang lupa password berlangsung hingga selesai yang ditandai dengan PC akan Restart sendiri.
Sesudah Deep Freeze selesai di hapus, silahkan install kembali Deep Freeze. Setelah selesai, amankan dengan mengatur password untuk mendapatkan password Deep Freeze yang baru.

Sebagai tutorial lengkap cara install serta memberi password pada Deep Freeze, silahkan pelajari artikel: Cara Menginstall Deep Freeze di Windows

Itulah langkah-langkah cara menonaktifkan Deep Freeze dengan mudah dalam kondisi darurat yakni lupa password. Lakukan semua langkah diatas bila Anda juga ingin mengetahui password Deep Freeze yang baru.