Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Dari DVD

Memang cukup susah apabila PC yang kita miliki, tidak adanya CD room yang memudahkan kita apabila ingin menginstall OS Windows. Tetapi dengan adanya kekurangan tersebut, bootable dari CD room bisa kita ganti dengan USB yang memanfaatkan Flashdisk sebagai media bootable.

Seperti pada judul artikel diatas, saya telah mengambil dari DVD yang berisi installasi OS Windows kemudian tidak lupa Flashdisk ukuran 8GB yang akan saya buat menjadi bootable USB. Apabila OS Windows 7, 8.X, dan 10 karena memiliki file yang besar yakni lebih dari 4GB.

Proses cara membuat bootable USB Flashdisk, kita hanya perlu copy semua file yang terdapat dari bootable DVD OS Windows ke Flashdisk. Tentunya langkah tersebut kita membutuhkan Software setup bootable CD to USB seperti yang telah saya jelaskan berikut ini.

Download dan Install WinToFlash Lite

Supaya saya bisa membuat bootable USB Flashdisk dari DVD, Software yang saya butuhkan adalah WinToFlash Lite yang kemampuannya sudah cukup untuk bisa melakukan hal tersebut. Bagi yang belum punya WinToFlash Lite, terlebih dulu silahkan ~> Download [Google Drive - 9,3MB]

Silahkan install WinToFlash Lite hingga selesai lalu buka Software tersebut. Lakukan setup sampai pada langkah Key File, pilih Free License lalu Next.

Format bootable USB Flashdisk yang dihasilkan dari WinToFlash Lite adalah tipe FAT32 yang memiliki kecepatan lebih lambat daripada NTFS. Meskipun begitu, saya rasa sudah cukup untuk menginstall OS Windows di Laptop, Netbook, Notebook, dan Komputer yang tidak ada CD room.

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Dari DVD

1 Langkah pertama Anda membutuhkan PC yang dibekali dengan CD room. Jika sudah ada, masukkan DVD OS Windows ke CD room dan tancapkan Flashdisk ke USB lalu tunggu sampai terbaca semua pada Windows.

*) Supaya hasil bootable Flashdisk tidak ada yang corrupt, disarankan untuk selalu menonaktifkan Antivirus yang terproteksi pada Windows ketika setup bootable USB berlangsung.

2 Kembali lagi ke WinToFlash Lite. Untuk mulai membuat bootable dari USB Flashdisk, silahkan pilih Windows setup Bootable USB Wizard.
cara membuat bootable usb flashdisk dari dvd
3 Pada step ini, Anda tidak perlu klik Always start in Wizard mode jadi langsung saja klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
4 Ini yang harus teliti karena file OS Windows masih terdapat pada DVD, harap pilih “I have CD inserted my computer…” yang saya tandai kotak pada gambar. Silahkan klik Next untuk memilih CD/ DVD.
5 Tepat pada Windows files path, klik Select (1) lalu pilih DVD RW… (2) hal ini harus tepat pada CD room yang terbaca di Windows. Klik OK untuk melakukan konfirmasi!
6 Pastikan pada USB drive adalah Flashdisk yang akan dijadikan bootable USB untuk menginstall OS Windows. Klik Next kalau Flashdisk yang dipilih sudah sesuai.
7 Lihat informasi lebih detil mengenai bootable USB yang akan di buat atau bisa langsung klik Next ingat jangan klik apapun selain itu.
8 Untuk mulai copy file OS Windows dari DVD ke Flashdisk, Anda membutuhkan persetujuan dulu jadi silahkan pilih “I do accept the terms of the license agreement” kemudian disusul dengan klik Continue.
9 Silahkan tunggu proses format hingga copy file DVD OS Windows ke Flashdisk yang waktunya bisa sampai 30 menitan ingat jangan sampai klik Cancel karena tindakan tersebut untuk membatalkan.
10 Setelah proses copy sudah lebih dari 100% berarti Anda sudah selesai membuat bootable dari USB Flashdisk yang mengambil dari DVD OS Windows. Klik Exit kemudian jangan lupa Eject Flashdisk.
Untuk mengetahui hasilnya apakah Flashdisk sudah bisa digunakan menginstall Windows apa belum, Anda perlu Shut down kemudian pastikan Flashdisk masih tertancap pada USB lalu hidupkan kembali.

Ketika booting, tekan Delete/ F2/ F12 (Coba semuanya) untuk masuk ke setup BIOS. Jadikan USB sebagai boot pertama lalu Save & Exit biasanya F10. Bila hasilnya masuk ke installasi Windows, berarti saya anggap sudah selesai.