Cara Membuat Bootable USB Flashdisk dari File ISO

Pada PC yang sengaja tidak dibekali CD room, supaya kita bisa menginstall ulang OS Windows langkah alternatifnya adalah menggunakan Flashdisk. Dalam cara membuat bootable USB Flashdisk, tentunya tidak sembarangan misalnya copy semua file OS Windows lalu dimasukkan ke dalam Flashdisk.

Oleh karena itulah proses membuat bootable dari USB sebenarnya ada banyak langkah yang bisa dilakukan. Umumnya langkah tersebut biasanya mengambil dari CD/ DVD dan file ISO. Bagi yang punya PC tidak ada CD room, ketika akan membuat bootable USB flashdisk pasti Anda butuh file ISO.

Mengenai file ISO sendiri, sebelumnya berasal dari hasil kompres beberapa file installasi yang berisi OS Windows. Cara mendapatkan file ISO, Anda cukup download pada situs yang menyediakan OS Windows versi apapun. Siapkan kuota yang cukup karena file ISO yang harus di download sangat besar.

Software yang tepat untuk membuat bootable USB Flashdisk dari file ISO adalah Rufus. Sepertinya, mulai dari OS Windows XP, 7, 8.X, dan 10, dengan Rufus sudah mampu dan terbukti membuat installasi Windows di Flashdisk yang siap di Install meskipun ukuran Software tersebut sangat kecil.

Siapkan Rufus dan OS Windows Format ISO [*.ISO]

*) Silahkan download Rufus yang memiliki kelebihan tidak perlu di Install karena bersifat Portable. Disini saya menyedian di Google Drive tepatnya pada link berikut ~> Download [Google Drive - 0,9MB]

*) Harap siapkan dulu OS Windows XP, 7, 8.X, atau 10 dengan tipe 32 Bit hingga 64 Bit. Yang terpenting adalah file OS Windows tersebut adalah file format *.ISO (Download kalau belum ada).

!Peringatan: Sebaiknya matikan Antivirus yang berguna supaya hasil copy file ISO ke Flashdisk tidak Corrupt karena telah dianggap Virus.

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk dengan Rufus

1 Tancapkan Flashdisk ke slot USB dan tunggu sampai terbaca di Windows. Selanjutnya perlu buka Rufus Portable tampilan awalnya seperti ini.
Klik icon seperti kepingan CD yang saya tunjukkan arah panah dalam gambar. Dengan melakukan hal tersebut, Rufus meminta Anda untuk memasukan file ISO.

2 Pilih file ISO yang akan dijadikan installasi Windows pada Flashdisk (Jika ada banyak). Silahkan langsung klik file ISO untuk memilih lalu dilanjutkan klik Open.
 3 Pastikan pada “File system” adalah NTFS dan dibagian “Create a bootable disk using” adalah ISO Image. Harap sesuaiakan seperti gambar dibawah lalu klik Start untuk mulai membuat bootable USB dari Flashdisk dengan Rufus.
 4 Ketika berada pada langkah ini, Rufus akan memperingatkan bahwa semua file yang terdapat pada Flashdisk akan terhapus permanent. Bila Flashdisk yang dipilih benar, Anda tinggal klik OK untuk memulai.
 5 Sekarang Rufus akan memproses format Flashdisk tipe NTFS, membuat file System, dan copy file ISO ke Flashdisk yang lamanya sekitar 15 menit. Tunggu sampai selesai yang bertanda seperti gambar berikut.
 Klik saja Close untuk menutup aplikasi Rufus Portable lalu Anda juga perlu Eject Flashdisk. Sekarang, Anda boleh mencoba install (Jika diperlukan) untuk mengetahui apakah bisa menginstall dengan baik tanpa ada file OS Windows yang Corrupt.