Cara Membuat dan Membuka File RAR dengan WinRar

Sebagai pengguna Windows pasti Anda sudah mengenal dengan file kompresi berformat *.RAR yang biasanya digunakan untuk membungkus beberapa file atau folder didalamnya. Mulai dari situ, mungkin Anda sedikit ingin mengetahui bagaimana cara membuat file tersebut.

Ternyata file rar dibuat dengan menggunakan software WinRar sedangkan kalau ingin membuka file tersebut, Anda harus sudah menginstall WinRar pada Komputer atau Laptop. Jadi aplikasi WinRar wajib di install supaya dapat membuat serta membuka file rar di Windows.

Download WinRar Versi Terbaru

Sebelum lanjut ke tutorial, pastikan apakah WinRar sudah terinstall apa belum. Berikut link download WinRar tersedia versi 32 Bit/ 64 Bit ~> Download

Silahkan install WinRar sampai selesai lalu buka. Setelah itu, pilih panduan dibawah baik membuat atau membuka file rar lengkap dengan gambar tutorial.

Cara Membuat File RAR

Meskipun menggunakan versi gratis! Dengan WinRar sudah diberikan akses tak terbatas. Jadi Anda bisa membuat file rar dengan ukuran tidak dibatasi.

Contoh tutorial kali ini saya akan kompres beberapa file dan folder dengan format *.RAR seperti yang saya lakukan pada gambar dibawah ini.

Tekan CTRL + A untuk menyeleksi semuanya lalu klik kanan dan pilih Add to archive nanti WinRar akan segera memproses permintaan Anda.
membuat file rar
Karena saya telah kompres lebih dari 1 file, maka saya perlu memberi nama pada file rar tepatnya pada Archive name.
Langkah untuk mengganti nama file rar, silahkan ubah sebelum .rar misalnya CPU-Z.rar kalau Anda menyesuaikan saja.

Tepat pada Archive format ada dua pilihan yakni RAR atau RAR5. Melihat hasilnya, sepertinya sama cuma ukuran Dictionary pada RAR lebih kecil daripada RAR5.

Selain itu jangan lakukan apa-apa cukup klik OK untuk konfirmasi bahwa Anda ingin melanjutkan kompres file menjadi file rar.

Kunci Dengan Password

Jika file rar memang rahasia, mungkin Anda membutuhkan keamanan tambahan dengan mengunci file rar dengan password yang terinkripsi.

Bedanya jangan buru-buru klik OK karena nanti hasilnya tanpa password. Supaya file rar di proteksi dengan password, silahkan klik Set password…
Pada kolom Enter password, silahkan isi dengan kata sandi yang ditentukan. Dilanjutkan dibagian kolom Reenter password for verification, masukkan ulang kata sandi.
Jangan lupa centang “Encrypt file names” untuk memberi password file rar. Bila tidak tercentang, hasilnya sewaktu buka file rar, semua file atau folder selalu meminta password ketika dibuka.

Klik OK 2X sampai WinRar mengompresi file rar hingga selesai. Hasilnya biasanya tepat didekat file atau folder sebelum di kompres.

Cara Membuka File RAR

Asalkan WinRar sudah terinstall di Windows, Anda bisa membuka file rar dengan cara Ekstrak. Langkah Ekstrak file rar dengan WinRar pun mudah. Silahkan klik kanan pada file rar yang akan dibuka lalu pilih Extract here itu saja selesai.
membuka file rar
Apabila file rar telah diberi password, masukkan password yang tepat pada kolom Enter password centang “Show password” untuk menampilkan kata sandi yang diketik lalu klik OK.
buka file rar
Setelah password yang dimasukkan benar, file rar akan di Ekstrak dan semua file atau folder didalamnya akan terbuka dan keluar dari dalam file rar.

Anda boleh menghapus file rar yang sudah di Ekstrak apabila file tersebut sudah tidak digunakan lagi atau bisa juga di backup pada Flashdisk bila nanti semuanya telah terhapus tetapi dibutuhkan lagi.