Cara Membuat File ISO Dengan UltraISO dari DVD

Bagi pengguna Windows, pasti Anda sudah mengenal dengan file ISO yang mungkin diperoleh dari hasil download installasi Windows atau Games PC. Mulai dari situ pasti pernah terbayang, bagaimana cara membuat file ISO itu? Rasa penasaran itulah yang menyebabkan Anda bisa sampai kesini.

Ketahui bahwa File ISO ternyata juga bisa dibuka lho. Asalkan Anda sudah punya Software Burning CD/ DVD pasti Anda sudah dapat membuka file tersebut. Seperti pada file kompresi seperti *.ZIP dan sebagainya bahwa file ISO didalamnya juga terdapat beberapa file hingga folder.

Mau mencoba membuat file ISO dari DVD seperti apa? Sebagai tutorial saya kali ini, bahan utama yang akan saya coba adalah mengambil dari dalam file DVD R OS Windows 7 AIO. Hasilnya nanti seperti yang di share di Cloud Download tetapi sengaja tidak saya upload karena banyak menghabiskan kuota.

Download dan Install UltraISO di Windows

Sepertinya Cuma UltraISO yang pernah saya coba sebagai Software burning terbaik yang memiliki kemampuan lebih banyak dibandingkan dengan umumnya meskipun statusnya masih Trial.

Disarankan untuk menggunakan UltraISO saat membuat file berformat *.ISO ukuran besar agar bisa diproses tanpa upgrade ke berbayar. Bagi yang belum punya, silahkan ~> Download [Google Drive - 4.3MB]

Silahkan install sampai selesai ingat tidak full version tidak masalah. Setelah sudah, boleh mulai coba membuka aplikasi UltraISO lalu pilihlah Continue to Try…

Cara Membuat File ISO dari DVD

1 Langkah pertama, silahkan masukkan kepingan CD/ DVD ke CD room lalu tunggu sampai terbaca di Windows.

2 Pastikan UltraISO sudah terbuka, kemudian gunakan tools Make CD/DVD Image yang saya tunjukkan arah panah seperti pada contoh gambar berikut.
membuat file ISO dengan ultraISO dari DVD
 3 Pilih Standard ISO [.ISO] yang saya tandai lingkaran sedangkan yang lainnya biarkan saja. Klik Make untuk konfirmasi bahwa Anda telah membuat file ISO dari CD/DVD.
 4 Selama proses kompresi dari dalam CD/DVD ke file ISO, dilarang untuk klik Stop untuk menjaga isi file CD/DVD rusak jadi harap tunggu sampai selesai yang lamanya tergantung seberapa besar file ISO yang akan dibuat.
 5 Kalau sudah selesai jangan lupa tutup UltraISO bila tidak digunakan lagi. Untuk mengetahui dimana tempat file ISO disimpan, silahkan buka Document => My ISO Files pasti ada disana.
 Oke sekarang Anda bisa menggunakan file tersebut sesuai kebutuhan. Jika file ISO adalah OS Windows dan akan di pakai sebagai bahan setup bootable USB Flashdisk, sebaiknya coba gunakan Rufus.