Cara Membuat Formulir Pendaftaran di Google Form

Banyak sekali produk Google yang dapat Anda gunakan secara gratis. Tepatnya pada Google Form, Anda bisa dengan mudah membuat formulir Online. Macam-macam formulir yang bisa Anda buat di Google Form mulai dari Formulir Pendaftaran, Kontak, Unggah File, dan masih banyak lagi.

Dengan Google Form, Anda bisa mengambil kuesioner dari pengguna yang menggunakan formulir di Google Form dengan jumlah yang tak dibatasi. Jadi dengan adanya aplikasi gratis yang disediakan oleh Google ini mampu mempercepat pembuatan formulir tanpa belajar coding dulu.

Sebagai contoh formulir Online yang sengaja saya buat di Google Form, saya telah berhasil membuat formulir pendaftaran lengkap dengan unggah foto dari pengguna yang akan mendaftar ke aplikasi saya. Seperti apa langkah cara membuatnya? Penasaran, simak saja tutorial berikut.

Cara Membuat Formulir di Google Form

Pastikan dulu sebelumnya Anda sudah masuk ke akun Google dengan Email Gmail. Setelah sudah login, silahkan buka halaman Google Form ~> disini

Untuk memulai membuat formulir, Anda perlu membuka lembar kerja Google Form dengan klik Go to Google Form.
proses membuat formulir online di google form
Ada beberapa konsep template formulir yang dapat Anda pilih untuk membuat formulir. Karena saya akan membuat formulir pendaftaran, template yang disarankan lebih yang Blank (Tanpa background).
Tepat pada Title Form, ganti dengan judul formulir yang diinginkan. Selanjutnya yang bertanda nomor 1 adalah tempat untuk menambahkan kolom formulir baru tepat dibawahnya.
Sedangkan dibagian nomor 2 untuk mengubah jenis kolom formulir. Harap sesuaikan dengan formulir yang hendak Anda buat di Google Form.

Setelah selesai menambahkan kolom formulir dibawahnya, pilih tipe kolom seperti Short answer, Paragraph, Multiple choice, Checkboxes, Dropdown, File upload, Linear scale, Multiple choice grid, Checkbox grid, Date, dan Time.
Sekarang saya akan memberi contoh membuat kolom Multiple choice silahkan rubah pilihannya misalnya Laki-laki atau Perempuan dan jangan lupa aktifkan Reguired (Wajib) yang saya tunjukkan arah panah dalam gambar.
Karena jenis file yang dibutuhkan hanyalah Gambar, Anda perlu merubah setelan File Upload dengan mengaktifkan “Allow only specific file types” lalu pilih Image.
Tambahkan beberapa kolom yang menyesuaikan dengan jenis formulir yang akan Anda buat sedangkan untuk melakukannya sama persis seperti semua tindakan diatas.

Cara Menyimpan Formulir di Google Form

Agar formulir pendaftaran yang sudah selesai di buat dapat di simpan pad Google Form, silahkan klik tombol SEND.
menyimpan formulir di google form
Pastikan dulu apakah semua kolom pada formulir pendaftaran yang Anda buat sesuai apa belum. Lebih baik teliti ulang sebelum menyimpan dan jika ada yang keliru, Anda masih diberi banyak kesempatan untuk mengeditnya.

Cara Agar Formulir, Dapat Diakses Orang Lain

Supaya formulir dapat di lihat oleh orang lain, Anda perlu mengubah setelan akses tepatnya pada Add collaborators.
ubah akses formulir google form
Selanjutnya silahkan lihat bahwa dengan akses Private, berarti hanya Anda yang dapat melihat formulir tersebut. Supaya dapat digunakan orang lain, silahkan rubah menjadi Publik yang letak setelannya berada pada Change..
Tepat pada Link Sharing, ganti menjadi “On – Public on the web” selanjutnya klik Save untuk menyimpan perubahan.

Copy Link to share lalu bisa langsung dibagikan ke social media hingga situs. Kalau sudah, Anda bisa menutup setelan sharing dengan klik Done.

Contoh Formulir Pendaftaran di Google Form

Sekarang Anda bisa melihat tampilan formulir pendaftaran yang selesai dengan cara Paste link fomulir Anda tepatnya pada Address bar browser yang digunakan dan klik Enter.

Apabila Anda telah membuat formulir pendaftaran sama seperti yang sudah saya ajarkan pada beberapa bagian tutorial diatas, hasilnya akan nampak seperti berikut.
contoh formulir online di google form
Setelah melakukan pratinjau tetapi masih ada kesalahan atau kurang tepat, langkah untuk mengedit formulir tersebut cukup klik icon pensil/ Edit tepatnya disebelah kanan atas.

Dan untuk mengetahui apakah ada seseorang yang mendaftar, langkah untuk mengetahuinya silahkan klik tab RESPONSES disitulah nanti Anda bisa mengambil kuesioner secara Online.