Cara Mengambil File APK dari NOX ke PC

Setelah sudah menggunakan emulator NOX App Player pada computer, banyak aplikasi Android yang tidak sengaja saya download di NOX. Karena alasan tidak mau download lagi, akhirnya saya sempat mencoba backup beberapa aplikasi Android tersebut ke PC.

Untuk bisa backup aplikasi Android dari NOX, tentunya kita hanya bisa melakukannya setelah menginstall aplikasi khusus yang fungsinya apabila kita pergunakan, mampu mengambil file APK dari aplikasi Android tertentu yang sudah ada.

Seperti inilah bagi yang belum mengetahui cara mengambil file APK dari NOX kemudian file tersebut kita pindahkan ke Komputer atau Laptop. Mengenai aplikasi yang saya gunakan untuk melakukan hal ini adalah APK Downloader dan ES File Explorer.

Cara Mengambil File APK di NOX

Silahkan install aplikasi APK Downloader yang bisa Anda dapatkan pada Play Store. Atau, Anda bisa download APK Downloader yang sudah saya sediakan disini ~> Download [Google Drive – 0,5MB]

Langsung install APK Downloader setelah selesai download. Kemudian, untuk memulai mengambil file APK di NOX anda perlu membuka aplikasi APK Downloader.
mengambil apk dari nox app player
 Cari aplikasi Android yang hendak Anda backup. Disini contohnya saya akan backup aplikasi BBM menjadi file APK. Jadi saya perlu klik aplikasi tersebut untuk membuat file APK BBM yang sebelumnya terinstall pada NOX.

Oke sekarang Anda sudah selesai mengambil file APK tetapi file tersebut tidak bisa dipindahkan ke PC karena pada File Manager NOX App Player tidak tersedia fitur Copy dan Paste.

Cara Memindahkan File APK ke PC

Karena File Manager NOX tidak support untuk Copy hingga Paste, maka Anda membutuhkan aplikasi File Manager khusus yang mampu melakukan hal itu.

Silahkan install ES File Explorer bagi yang belum ada, bisa download di Play Store atau disini ~> Download [Google Drive -15,3MB]

Sesudah selesai menginstall Es File Explorer, Anda perlu Root emulator NOX dengan cara buka setting (nomor 1), centang Root (nomor 2), klik Save Setting (nomor 3), dan klik Restart now (nomor 4).
 Tunggu sampai Nox terbuka. Selanjutnya, silahkan buka aplikasi Es File Explorer lalu klik Start. Terlebih dahulu, Root Explorer harus diaktifkan dengan cara membuka menu yang saya tunjukkan arah panah pada gambar tutorial.
 Silahkan geser kebawah lalu temukan setelan Root Explorer. Klik pengaturan tersebut hingga sampai berwarna biru seperti diatasnya.
 Apabila muncul konfirmasi Superuser Reguest pilih “This time only” lalu Allow untuk mengizinkan Root Explorer.
 Sekarang Anda bisa memindahkan file APK dari Nox ke PC langkahnya masih tetap pada Es File Explorer silahkan buka Local (nomor 1) => Device (nomor 2).
 Letak file APK yang akan dipindahkan, berada pada folder / sdcard >Download. Langkah untuk Copy, silahkan klik dan tahan pada file APK nanti muncul beberapa Opsi dan pilihlah Copy.
 Terakhir Anda perlu meletakkan file APK yang sudah di Copy tadi tepatnya pada folder / mnt > shared > App dan klik Paste.
transfer file apk dari nox ke pc
 Jika tampil popup Superuser Reguest, konfirmasikan dengan pilih “This time only” lalu klik Allow. Sekarang file APK sudah selesai di Transfer pada Komputer maupun Laptop Anda.

Tempat File APK dari NOX pada PC

Sebagai pelengkap agar Anda mudah mengetahui dimana tempat file APK yang mengambil dari NOX, Anda perlu membuka beberapa folder berikut.

Buka partisi Harddisk Local Disk (C:) => Users => Krisna => Nox_Share => App maka akan tampil seperti ini.
tempat file apk disimpan
 Ganti yang saya tandai warna merah (Krisna) sesuai User Administrator pada Komputer atau Laptop punyamu.

Selain file APK, Anda juga bisa memindahkan Data dan OBB khususnya untuk Games Android yang sebelumnya Anda install di Nox. Langkahnya sepertinya mirip seperti backup file APK dari Nox ke PC tepatnya pada folder / sdcard > Android.

Disitulah nanti ada folder Data dan OBB jadi silahkan backup semua file tersebut sesuai dengan file APK nya lalu Copy dan Paste pada folder / mnt > shared > Other.

Selesai sudah tutorial yang cukup lengkap disertai gambar agar mudah dipahami. Semoga setelah selesai mempelajari artikel ini dapat membantu Anda dalam melakukan beberapa hal diatas yang mungkin belum dimengerti.