Cara Upload dan Share dari PC ke Google Drive

Google Drive merupakan layanan cloud storage gratis hingga berbayar apabila ingin mendapatkan ruang penyimpanan lebih dari 15GB. Dengan adanya layanan tersebut, kita bisa membagikan beberapa jenis file hingga folder ke Google Drive mulai dari teman hingga sampai kepada orang lain.

Banyak sekali jenis file yang dapat Anda upload ke Google Drive. Sepertinya Google Drive juga menyediakan aplikasi pendukung untuk membuka atau melihat file secara online. Beberapa aplikasi yang tersedia di Google Drive seperti MS Office, dan lainnya.

Kali ini, saya akan membagikan tutorial cara upload file atau folder dari PC ke Google Drive. Selanjutnya, supaya file atau folder bisa di download oleh orang lain, Anda harus mengubah setelan Share tepatnya pada file maupun folder yang akan dibagikan dengan akses public.

Tutorial Upload di Google Drive

Ada 2 cara yang bisa dilakukan ketika Anda ingin upload file atau folder di Google Drive. Seperti yang disediakan pada Google Drive, Anda bisa mengupload via Online atau Software jadi pilih saja mana yang menurutmu paling cepat diantara kedua pilihan tersebut.

1 Via Web Google Drive (Online)

Dengan langkah pertama, jika mau cepat upload ke Google Drive, Anda bisa melakukannya secara online yakni Anda perlu membuka web Google Drive. Atau bisa langsung klik ~> Disini

*) Apabila belum login, silahkan masuk dulu dengan akun Google dan jangan lupa lanjutkan mengisi password yang mengambil dari Email Gmail.

Untuk mulai Upload di Google Drive, perhatikan menu + New yang saya tunjukkan arah panah dalam gambar tutorial.
upload file atau folder ke google drive pc
Lalu klik untuk menampilkan opsi Upload. Pilih File upload untuk jenis file semua format atau Folder upload untuk jenis Folder yang didalamnya bisa berisi beberapa file.
Silahkan cari file atau folder yang akan di Upload ke Google Drive. Apabila sudah ditemukan, klik lalu pilih Open. Kemudian tunggulah sampai file atau folder selesai terupload di Google Drive.

2 Via Backup & Sync Google Drive

Bagi yang mau coba, pertama silahkan download dan install Backup & Sync aplikasi Google Drive for PC yang tersedia gratis ~> disini

Kelebihannya, Anda bisa upload file hingga folder tertentu tanpa perlu membuka web Google Drive. Jadi kita tinggal meletakkan file atau folder pada folder Sinkronisasi PC ke Google Drive.

Setelah Backup & Sync Google Drive sudah terinstall, buka aplikasi tersebut dengan akses Administrator. Hasilnya, nanti akan tampil seperti gambar dibawah ini dan klik GET STARTED.
Biasanya aplikasi Backup & Sync Google Drive akan meminta login dengan alamat Gmail. Silahkan isi alamat email Anda lalu dilanjutkan klik Next.
Setelah itu, jangan lupa masukkan kata sandi pada kolom Password yang sudah disediakan. Sebagai konfirmasi login, Anda perlu klik Sign in.
Hilangkan semua centang tepatnya pada Dekstop, Documents, dan Pictures apabila tidak ingin isi file didalamnya ikut backup ke Google Drive. Sebagai gantinya nanti, berada pada folder sinkronisasi Google Drive.
Untuk ruang penyimpanan gratis di Google Drive yang Anda peroleh adalah sebesar 15GB. Harap pilih “Original quality (15.0 GB storage left)” seperti pada gambar diatas lalu klik Next.

Pada bagian settingan Google Drive, sebaiknya biarkan default saja seperti yang saya setting pada contoh gambar dibawah ini.
Untuk mulai membuat sinkronisasi antara PC ke Google Drive, silahkan klik Start.

Sekarang, Anda sudah bisa Upload file atau Folder di Google Drive dan pastikan dulu bahwa koneksi internet sudah diaktifkan.

Langkah untuk Upload, Anda harus membuka Windows Explorer dengan menekan tombol WIN + E bersamaan lalu bukalah folder Google Drive (nomor 1).
Letakkan file atau folder tepat pada folder sinkronisasi Google Drive (nomor 2). Setelah sudah masuk didalamnnya, secara otomatis file atau folder tersebut akan langsung terupload ke Google Drive.

Tutorial Share di Google Drive

Agar file yang ada pada penyimpanan Google Drive dapat di download oleh orang lain, Anda cukup mengaktifkan Share Publik seperti yang saya lakukan berikut.

# Khusus Backup & Sync Google Drive

Silahkan buka Taksbar tepatnya disebelah kanan kiri Windows. Bukalah icon Backup & Sync Google Drive (nomor 1) lalu klik web Google Drive (nomor 2).

# Tutorial Share Publik Untuk Semua

Baik via Online atau dengan program Backup & Sync Google Drive, untuk mengaktifkan Share Publik silahkan klik kanan salah satu file dan pilihlah Share…
share publik di google drive
Tepat dibagian Share with others, silahkan klik Advanced.
Lihatlah bahwa file tersebut telah tersetting Private yang menandakan bahwa hanya Anda dengan akses login akun Google yang mampu download file tersebut.
Supaya bisa di download hingga orang lain, Anda perlu mengubah settingan tersebut dengan klik Change.

Pilih “ON – Public on the web” dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan klik Save.
Sekarang, Anda akan mendapatkan link download dengan akses Publik jadi silahkan Copy link tersebut lalu bagikan ke social media atau blog.
Terakhir, tutup dengan klik Done.

Lakukan semua langkah-langkah diatas agar file yang berada pada Google Drive, bisa di download oleh orang lain karena langkahnya sama semuanya.