Cara Mengambil Screenshot dengan Lightshot di Windows

Ngak mau buka Paint atau editor foto lainnya untuk menyimpan hasil screenshot di Windows, mungkin solusi terbaik adalah silahkan install Lightshot yang memiliki kemampuan bisa mengambil screenshot langsung dengan crop sesuai resolusi gambar yang di inginkan pada tampilan layar tertentu.

Kelebihan menggunakan Lightshot, target screenshot ketika seleksi, telah diberikan ukuran resolusi mulai dari panjang dan lebar yang dihitung dengan satuan Pixels. Sehingga kita bisa screen capture gambar layar dengan baik yang punya kemampuan lebih meskipun ukurannya sekitar 2,6MB.

Sewaktu Object telah terseleksi screenshot, sesudahnya Lightshot akan menampilkan editor gambar yang cukup lengkap. Selain bisa di simpan pada Windows dengan format PNG, JPEG, dan BMP, Lightshot juga punya Cloud Images gratis dari Prntscr.com jadi kita dapat langsung upload gambar disana.

Download dan Install Lightshot di Windows

Mau coba Software screenshot terbaik untuk windows ini? Terlebih dulu jangan bengong cuma baca saja jadi silahkan langsung coba menggunakan Lightshot supaya bisa mengetahui kelebihannya apa saja selain yang sudah saya jelaskan.

Bagi yang belum menginstall Lightshot, silahkan ~> Download [Google Drive 2,3MB]

Lakukan install sesudah download selesai. Karena langkah menginstall aplikasi Lightshot mudah, jadi pada panduan ini sengaja tidak saya bahas lebih lanjut.

Cara Mengambil Screenshot dengan Lightshot

Sesuai dengan aplikasi Lightshot, ada 2 cara mengambil screenshot yang bisa dilakukan. Bagi yang belum mengerti bagaimana melakukan hal tersebut, silahkan pelajari dengan pilih salah satu langkah dibawah ini.

A Langkah Pertama

Silahkan tekan tombol Print Screen/ Prt Sc SysRq/ atau Lainnya sesuai merek Keyboard baik Komputer atau Laptop (Jika tidak ada, usahakan mirip yang disebutkan).

B Langkah Kedua

Kunjungi Taksbar letaknya disebelah kiri jam tepatnya icon segitiga klik untuk menampilkan. Tepat pada icon Lightshot, silahkan klik (Lihat panduan gambar).
Silahkan pilih langkah A atau B sesuai penjelasan yang sudah saya jelaskan untuk bisa melakukannya. Berikutnya, layar Windows akan terblok yang berfungsi untuk seleksi tampilan layar yang akan di screenshot dengan Lightshot.

Cara Select Area Screenshot Lightshot

Klik kiri dengan Drag (tahan) lalu geser dari arah horizontal ke vertical sambil menentukan ukuran resolusi.

Kalau ukuran atau object screenshot sudah sesuai, silahkan Drop (lepaskan) klik kiri nanti akan tampil editor gambar dengan Lightshot.
cara screenshot lightshot di windows
Silahkan coba satu persatu mengenai menu editor gambar tersebut sampai benar-benar paham akan fungsinya masing-masing.

Langkah yang difungsikan untuk menyimpan gambar ke harddisk, silahkan klik icon Save yang saya tunjukkan arah panah dalam gambar.

Letak Gambar Screenshot Yang Disimpan

Setelah hasil gambar sudah tersimpan, untuk mengetahui letak penyimpanan gambar hasil screenshot silahkan buka folder Document => Lightshot
Pilih salah satu atau beberapa gambar yang dibutuhkan mungkin untuk dimodifikasi ulang atau bisa langsung digunakan untuk Anda upload ke social media serta lainnya.