Cara Memasang Ekstensi IDM ke Google Chrome

Ekstensi IDM secara otomatis akan menambah pada Add Ons atau Exstensions browser yang digunakan semisal Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera PC, dan lainnya setelah aplikasi IDM selesai di install dan melalui proses REBOOT. Biasanya, ekstensi IDM akan terpasang sendirinya jadi kamu tinggal mengaktifkan ekstensi tersebut tepat pada browser yang diinginkan.

Seperti fungsi dari ekstensi ini, khusus IDM yang terinstall di Google Chrome akan tersinkronisasi dengan software IDM jadi apabila kamu gunakan untuk mendownload file apapun, browser Chrome akan mengalihkan fitur download ke aplikasi IDM jadi kamu bisa melanjutkan download file dengan IDM.

Aktifkan IDM Integration Module di Google Chrome

Pertama ini khusus yang sudah dulu menginstall Google Chrome yaitu langkah sinkronisasi ke IDM Anda cukup mengaktifkan ekstensi IDM Integration Module yang biasa otomatis akan menambah pada Chrome.

Untuk mengaktifkan ekstensi ini perlu buka browser Chrome pada Laptop atau Komputer dan perhatikan pemberitahuan ekstensi IDM telah terpasang Cuma belum di aktifkan dan membutuhkan tindakanmu apakah ingin memasang atau menghapus jika tidak perlu.

Silahkan klik Enable extension nanti dengan mudah akan terpasang di browser Google Chrome.
memasang idm ke chrome
Lebih baik test dulu apakah IDM sudah benar bekerja sesuai yang difungsikan dengan cara download file tertentu dengan Chrome browser jika jendela popup IDM muncul saat akan mendownload, berarti kamu tidak perlu melakukan tindakan apa-apa setelah ini jadi tinggal download saja file tersebut.

Memasang IDM Secara Manual ke Google Chrome

Bagi yang terlebih dulu menambahkan aplikasi IDM sedangkan Google Chrome belakangan di Install, maka kamu perlu memasang ekstensi IDM di Chrome browser. Bagaimana cara melakukan tindakan ini? Tentunya kamu harus menginstall ekstensi IDM secara manual dan berikut lebih jelasnya.

Pastikan aplikasi IDM sudah di install dulu pada Komputer atau Laptop yang terinstall Windows 7, 8, dan 10. Tepat tutorial ini, OS Windows yang saya gunakan adalah Windows 7 sedangkan untuk lainnya sepertinya mirip jadi tinggal menyesuaikan saja.

Letak file installasi aplikasi IDM, secara default terletak pada Local Disk (:C) atau bisa jadi partisi harddisk lainnya tergantung dimana Anda menyimpan installasi tersebut pada PC mu.

Lakukan pencarian folder Internet Download Manager agar lebih cepat, kamu bisa coba mencarinya dibagian Program Files atau Program Files (x86) pasti akan masuk ke folder tersebut khususnya tipe Windows versi 64 bit.

Kemudian buka Chrome browser dan pastikan aplikasi ini harus bersamaan berjalan dengan Windows Explorer kemudian buka pengaturan extension melalui menu (nomor 1), More Tools (nomor 2), dan Extensions (nomor 3) sesuai petunjuk.
Dekatkan Windows Explorer dengan Chrome browser dan carilah nama file IDMGCExt.crx klik kiri dan seret ke pengaturan Extension Google Chrome sampai muncul Move dan lepaskan untuk memasang.
Muncul popup pemasangan IDM Integration Module langsung saja klik Add Extension nanti hasilnya ekstensi tersebut akan terinstall dan sudah boleh digunakan mendownload di Google Chrome.
Itu dia kedua pemecahan mengapa IDM tidak muncul setelah download di browser Google Chrome. Silahkan pilih mana yang sesuai dengan penyebabnya tepatnya pada PC mu.