Cara Menghapus File Registry IDM di Windows 7

File Registry merupakan suatu file yang mencatat semua pendaftaran aplikasi Windows baru dari eksternal yang bersifat penting agar aplikasi tersebut dapat dioperasikan sesuai kinerjanya yang dipadukan dengan operasi system Windows.

Secara otomatis, file registry akan tercatat pada program Registry Editor dimana Anda dapat dengan mudah untuk mengedit sesuai keinginanmu. Khusus pada Windows 7, bagi yang belum mengerti cara menghapus file registry pelajari saja berikut.

Masuk ke Registry Editor

Langkah cepat supaya Anda dapat membuka Registry Editor, silahkan tekan bersamaan tombol Windows + R di Keyboard komputer atau laptop.

Setelahnya ketik regedit pada kolom pencarian RUN lalu klik OK.
Disini saya telah mencoba pakai software IDM yang terdaftar fake serial number. Karena software tersebut sudah habis masa trial dan tidak dapat digunakan lagi, supaya bisa di uninstall secara sempurna hingga dapat di install fresh lagi maka saya perlu menghapus file registry Internet Download Manager.

Langkah menghapus file registry di Windows 7 lakukan berikut:

1 Buka HKEY_CURRENT_USER kemudian buka lagi Software.
Karena file registry yang akan saya hapus adalah IDM, maka saya perlu klik kanan DownloadManager lalu pilih Delete.
hapus file registry idm windows 7
Khusus untuk software IDM, sepertinya hanya ini saja langkah menghapusnya sedangkan jika Anda juga ingin menghapus file registry lainnya, coba langkah kedua dibawah ini.

2 Buka HKEY_LOCAL_MACHINE setelahnya buka SOFWARE.
Cari saja nama yang mirip dengan aplikasi yang sudah Anda uninstall. Jika tidak ada, cukup menghapus file registry pada HKEY_CURRENT_USER contohnya IDM sudah cukup.

Sekarang tutup program Registry Editor maka Anda sudah selesai melakukan penghapusan file *.reg sesuai yang diinginkan.

Manfaat File Registry

Bagi yang mengerti dengan mengedit file registry pada aplikasi tertentu, kita bisa membuat aplikasi portable. Aplikasi ini sekarang sangat simple sekali dan mudah dibagikan kepada pengguna PC lainnya.

Cara bikin aplikasi portable di Registry Editor, langkahnya sepertinya mirip dengan semua tutorial diatas. Bedanya, saat ingin membuat aplikasi portable, Anda perlu pilih Export.

Muncul dialog popup baru setelahnya beri nama pada kolom File Name contoh IDM dan tepat pada Save as type: biarkan default saja yakni Registration files (*.reg) lalu klik Save.

Bukan hanya itu saja langkahnya akan tetapi masih ada lagi yakni Anda perlu copy file registry tersebut lalu letakkan ke folder installasi biasanya terletak pada partisi harddisk Local Disk (C:) lalu buka Program Files atau Program Files (x86) disitulah tempatnya.

Apabila mau berbagi aplikasi portable ke pengguna PC lainnya, Anda perlu compress semua isi file portable bisa file *.zip atau *.rar sesuai keinginan.