Cara Menonaktifkan Update Otomatis di Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser terkenal yang melekat pasti pengguna PC mengenal dan pernah menggunakan browser yang satu ini dengan keunggulan mengakses halaman web dengan cepat tanpa loading seperti pada beberapa browser lainnya.

Demi kenyamanan pengguna, Google Chrome secara default membutuhkan pembaruan otomatis untuk meningkatkan perubahan tampilan, fitur, system dan lain-lain menjadi versi terbaru.

Sayangnya kemungkinkan kamu tidak menyukai dengan adanya layanan auto update dari Google Chrome ini dikarenakan Google Chrome dari belakang bisa mengetahui aktifitasmu serta menghabiskan kuota karena file yang di update terlalu besar.

Merasa terganggu dengan aktitifas update otomatis di browser Google Chrome? Tenang kok jika mau menonaktifkan layanan ini, kamu juga bisa tapi ada resikonya bahwa selamanya Anda tidak memperbarui Google Chrome menjadi versi terbaru.

Hapus File Aplikasi Google Update

Cara tercepat supaya kamu bisa menonaktifkan aktifitas update otomatis di Google Chrome adalah dengan menghapus file GoogleUpdate.exe yang terletak dibagian installasi OS Windows yang terinstall.

Silahkan buka Local Disk (C:) pilih Program Files lalu carilah folder installasi Google Chrome dan bukalah jika sudah ditemukan.
 Khusus untuk OS Windows versi 64 bit, letak installasi Google Chrome terletak pada folder Program Files (x86) atau bisa partisi harddisk lainnya tergantung dimana Anda menyimpan file installasinya sewaktu pertama kali menginstall.

Langsung masuk ke folder Update dan hapus file aplikasi GoogleUpdate dengan klik kanan lalu pilihlah Delete untuk menghapus.
Selesai sekarang silahkan cek apakah layanan update otomatis sudah dimatikan apa belum dengan membuka pengaturan chrome://settings/help
Jika keterangan update pada Google Chrome error, berarti secara permanent browser ini akan terhenti untuk memperbarui file-file system browser dan tidak bisa di update.

Mematikan Aktifitas Google Chrome

Supaya browser Google Chrome tidak mengetahui aktifitas selama menggunakan Google Chrome seperti membuka situs dan aplikasi berbahaya serta laporan crash karena penggunaan yang salah, kamu cukup disable pengaturan ini.

Langkahnya adalah buka pengaturan chrome://settings/privacy
Silahkan disable tepatnya pada nomor 1 dan juga nomor 2 dengan begitu Google Chrome tidak lagi menerima laporan penggunaan akan aktifitasmu.

Kelebihan dengan menonaktifkan pengaturan ini, browser Google Chrome akan sedikit lebih cepat sewaktu digunakan browsing atau streaming video karena sudah tidak lagi mengirimkan laporan statistik penggunaan layanan untuk mendapatkan bantuan karena butuh koneksi internet.

Nah semakin hemat bukan dan tidak terganggu dengan adanya update otomatis di browser Google Chrome? Sepertinya memang benar jika tetap ingin menggunakan browser yang lama begitupun juga adanya Adware yang mencoba menginstall berbagai aplikasi yang tidak diinginkan.