Cara Scan dan Menghapus Virus dengan Smadav

Awalnya saya sempat kepikiran untuk mengecek PC pribadi apakah ada file berbentuk virus yang mengakibatkan OS Windows menjadi lambat oleh karena itu saya sekarang telah mencoba menginstall antivirus Smadav Free untuk mencegah hingga mampu menghilangkan virus yang menyerang file system yang begitu penting sekali.

Seperti keunggulan yang dimiliki pada antivirus Smadav, nampaknya tidak hanya mampu melindungi OS Windows saja akan tetapi juga mampu mendeteksi virus tepatnya pada USB Flashdisk ketika terinfeksi. Macam-macam virus terbaru akan mudah ditakhlukkan jika Anda selalu update atau menggunakan Smadav versi terbaru.

Supaya kita dapat mengetahui apakah ada virus yang menyerang apa tidak tepatnya pada Komputer maupun Laptop yang dimiliki, terlebih dulu silahkan membuka antvirus Smadav nanti kita bisa scan hingga menghapus satu hingga beberapa virus secara permanent dengan langkah-langkah dibawah ini.

Cara Scan Virus di Smadav

Buka menu Scanner dan perhatikan tidak hanya file System area yang akan kita scan jadi silahkan centang partisi harddisk Local Disk (C:) lalu pilih Quick Scan yang berfungsi untuk menemukan virus secara cepat dan terakhir klik Scan.
Fungsi dari mencentang Local Disk (C:) adalah Smadav akan berusaha mencari virus yang tersembunyi pada file system tersebut karena pada partisi harddisk itu memang rawan terserang virus jadi sebaiknya selalu kita cek agar tidak mengganggu kinerja OS Windows.

Lama scanner tergantung dari banyaknya aplikasi yang terinstall jadi harap menunggu dengan sabar paling tidak membutuhkan waktu 3 sampai 30 menit atau bisa lebih.
Apabila ada virus yang terdeteksi, Smadav bisa membersihkan semua virus yaitu pastikan proses scanner Smadav sudah terhenti dan statusnya 100% lalu lakukan hal berikut.

Cara Hapus Virus di Smadav

Masuk ke menu Virus silahkan klik Virus yang terdeteksi sampai tombol Clean All aktif silahkan klik untuk menghapus jenis virus tersebut akan tetapi Smadav masih mengurungnya pada Quarantine jadi virus tersebut masih tidak bisa terhapus.
Supaya kita bisa menghapus virus secara permanent dengan antivirus Smadav, sekarang kita perlu membuka menu Settings => Quarantine.
Lakukan centang atau klik tepat pada virus yang masuk pada Quarantine dan jangan lupa untuk klik Delete dengan begitu virus yang menginfeksi OS Windows, akan bisa dihapus secara permanent.

Selain pada partisi harddisk Local Disk (C:) Anda bisa juga mencari virus pada partisi harddisk lainnya (jika lebih dari satu) sedangkan semua langkahnya sepertinya mirip seperti tutorial diatas.

Juga ingin mengetahui apakah USB flashdisk juga ada virus yang mungkin menyerang isi file didalamnya? Coba tancapkan USB flashdisk ke PC dan scan dengan antivirus Smadav jika ada virus yang terdeteksi, kamu juga bisa menghapus secara permanent jadi flashdisk punyamu aman.